Teh Panas Campur Lemon Bisa Bunuh Virus Corona, Hoaks atau Fakta?

Loading...
Loading...

KOMPAS.com - Demi menjaga sistem kekebalan tubuh atau sistem imun di tengah masa pandemi Covid-19, salah satu hal utama yang dianjurkan adalah banyak mengonsumsi makanan bergizi.
Namun, tak jarang di kalangan masyarakat beredar informasi-informasi tentang makanan atau minuman tertentu yang dianggap dapat membunuh virus corona dalam tubuh.
Salah satunya adalah teh panas dengan perasan lemon. Informasi ini banyak beredar, misalnya melalui grup-grup What's App.
"Minumlah teh panas setelah dicampur dengan perasan lemon, dapat segera membunuh virus Covid-19, dan dapat sepenuhnya menghilangkan virus dari tubuh," demikian potongan pesan berantai tersebut.
Nah, apakah informasi tersebut benar atau sekadar hoaks?
Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Metropolitan Medical Center, Raissa Edwina Djuanda menjelaskan tentang hal ini.
Lihat Foto
ilustrasi lemon
Raissa menegaskan, hingga saat ini belum ada makanan atau minuman yang terbukti bisa membunuh virus apa pun dalam tubuh, termasuk virus corona.
"Sampai saat ini belum ada makanan atau minuman yang bisa membunuh virus dalam tubuh," katanya dalam sesi "kulwap", Kamis (16/4/2020).
Meski begitu, kata dia, asupan gizi memang berkontribusi terhadap pencegahan virus.
Sebab, asupan nutrisi yang baik dan mencukupi penting untuk menjaga kesehatan. Sebaliknya, asupan nutrisi yang buruk bisa menghambat respons imun, dan meningkatkan risiko infeksi.
Padahal, sistem imun sangat diperlukan dalam melawan penyakit.
Selain gizi makro (karbohidrat, protein dan lemak), beberapa sumber nutrisi yang disarankan juga gizi mikro.
Antara lain vitamin A, C, D dan E, selenium, zinc, serta gizi spesifik, seperti omega-3, hesperidin, dan probiotik.
Pada bagian ini, lemon memang memiliki banyak manfaat, salah satunya karena mengandung hesperidin.
Nutrisi tersebut berada pada kulit lemon, itulah mengapa lemon baik untuk dijadikan infused water, atau bisa juga diparut dan dimasukkan ke dalam masakan.
" Lemon dipotong, dimasukkan ke dalam air karena sifat lemon vitamin C nya juga larut air. Jadi akan larut dalam air dan otomatis masuk juga ke dalam tubuh kita," ungkap dia.
Meski begitu, bukan berarti lemon bisa membunuh virus corona, atau virus-virus lainnya yang ada dalam tubuh.
Secara keseluruhan, selain mencukupi asupan nutrisi, penting pula untuk menjaga berat badan ideal demi menjaga sistem imun tetap baik.
Lalu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan, rutin mencuci tangan, dan hindari banyak menyentuh wajah dengan tangan kotor.
"Balik lagi, bukan berarti (lemon) bisa membunuh virus corona atau virus lainnya. Itu hanya sifatnya menambah asupan vitamin ke dalam tubuh kita," tegas Raissa.

Loading...

0 Response to "Teh Panas Campur Lemon Bisa Bunuh Virus Corona, Hoaks atau Fakta?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel