Jangan Buru-Buru Dicat, Begini Cara Menghilangkan Uban Secara Alami

Loading...
Loading...

 

Rambut yang memutih atau beruban memang bikin sebagian orang jadi nggak percaya diri, apalagi jika hal ini terjadi pada kamu yang usianya masih muda entah karena faktor genetik ataupun gaya hidup yang kurang baik. Kalau sudah begini, segala cara akan kamu lakukan untuk menutupi kekurangan tersebut mulai dari mencari obat yang paling cepat atau menutupinya dengan aksesoris.

Namun, beberapa orang ada yang salah dalam pemilihan mengurangi uban tersebut, salah satunya dengan mencabut uban secara langsung. Padahal, tindakan tersebut nggak baik lo, bisa membuat akar rambut kamu rusak dan menyebabkan rontok secara permanen. Di sisi lain, ada yang mencoba dengan mewarnai rambut, namun takut dengan efek samping atau iritasi karena kulit kepala yang sensitif. Daripada buru-buru mencari cara yang instan, gimana kalau coba dengan bahan alami untuk menghilangkan uban di rambut. Nah, berikut ini panduan yang bisa kamu lakukan!

1. Cara menghilangkan uban secara alami dengan kopi bisa jadi pilihan. Untuk menghilangkan uban secara ampuh, kamu bisa menggunakan kopi yang kental jenis espreso

Kandungan flavonoid yang merupakan antioksidan alami dalam kopi dapat mendorong regenerasi rambut. Bahan kafein di dalamnya juga mampu menciptakan rambut hitam berkilau, menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala. Berikut ini tahapannya:

    Seduh secangkir kopi espreso yang telah dipanggang.

    Ambil sekitar 1/2 cangkir seduhan kopi dan campurkan dengan 2 sendok makan bubuk kopi. Tambahkan 1 cangkir kondisioner rambut tanpa bilas ke campuran sebelumnya.

    Aduk hingga merata dan oleskan bahan tadi ke rambut yang bersih dan lembap (sudah dibasahi) sebagai masker.

    Biarkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengeras, bersihkan dan ulangi saat diperlukan.

    Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa gunakan masker tersebut 2 kali dalam seminggu.

2. Campuran minyak zaitun dan madu jadi salah satu cara menghilangkan uban agar nggak tumbuh lagi, bahan vitamin A dan antioksidannya bisa melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapan kulit kepala

Pada dasarnya minyak ini dapat digunakan untuk segala jenis rambut, namun khasiatnya akan lebih maksimal jika dipakai oleh kamu yang pernah mewarnai atau bleaching dan rambut bercabang. Nah, berikut ini tahapan yang bisa kamu ikuti:

    Siapkan 1/4 cangkir madu kecil, 1/2 minyak zaitun dan bahan opsional seperti 3 kapsul vitamin E. Campurkan minyak zaitun dan madu secara bersamaan.

    Aduk kedua bahan sampai rata dan agak cair.

    Buka kapsul vitamin E dan tuangkan isinya ke dalam campuran sebelumnya, aduk kembali hingga merata, setelah itu oleskan pada seluruh helai rambut.

    Lakukan pemijatan kulit kepala selama beberapa menit, kemudian diamkan kurang lebih 1,5 jam.

    Bilas rambut dengan air hangat sampai benar-benar bersih. Gunakan sampo anti lepek agar kandungan minyak bisa terangkat dengan sempurna.

3. Produk menghilangkan uban dengan lidah buaya nyatanya selalu tepat dilakukan. Selain bisa diolah dari tanaman dekat, rumah kamu juga bisa membeli ekstraknya secara online

Nggak perlu khawatir kalau belum punya tanaman ini di rumah, di era modern seperti sekarang kamu bisa memesan ekstraknya di toko online dengan kisaran harga yang beragam. Nah, kalau sudah didapat bahannya, yuk ikuti cara berikut:

    Siapkan lidah buaya ukuran sedang, pisahkan antara kulit dengan dagingnya.

    Tumbuk bagian dalam lidah buaya hingga encer, tambahkan tanaman urang aring untuk hasil yang lebih maksimal (opsional).

    Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan pada rambut.

    Gunakan saat malam hari agar bisa kamu lepas di pagi besoknya. Jangan lupa gunakan pelindung rambut agar tidak berantakan ke mana-mana.

4. Cara menghilangkan uban secara permanen di usia muda bisa menggunakan campuran teh dan garam. Pilih teh hitam karena kandungan taninnya dapat mengembalikan pigmen alami rambut

Ada beberapa cara tradisional untuk menghilangkan uban pad rambut, salah satunya menggunakan teh hitam. Kandungan pada teh hitam dapat meningkatkan melanin dan keratin pada helai rambut sehingga ampuh untuk menghilangkan uban dalam waktu yang relatif cepat. Ikuti tahapan olahannya:

    Tuang 2 sendok makan teh hitam dan satu sendoh teh garam ke dalam air rebusan.

    Setelah berubah warna, matikan api dan diamkan hingga dingin. Saring rebusan agar ampasnya nggak mengotori rambut.

    Gunakan olahan tersebut saat mandi. Biarkan larut dan meresap ke dalam kulit kepala hingga 10 menit.

    Bilas rambut tanpa menggunakan sampo. Lakukan 2 kali seminggu secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

5. Selain minyak zaitun, ada minyak kemiri yang mempunyai fungsi sama untuk membuat rambut tampak lebih hitam, kelebihannya minyak ini juga bisa menebalkan rambut secara alami lo

Manfaat minyak kemiri sendiri untuk mencegah tibulnya uban karena terdapat kandungan Vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain disangrai, dibakar, atau diperas, kamu bisa mengolah minyak kemiri dengan cara diblender.

    Siapkan alat penghancur biji seperti blender, kemudian tumbuk biji kemiri tanpa kulit hingga halus.

    Siapkan saringan seperti kain, tuang sedikit air kemudian peras.

    Diamkan perasan biji kemiri tersebut selama 24 jam penuh, kemudian masak hingga minyak dari biji kemiri keluar. Minyak kemiri pun siap digunakan pada rambut.

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Loading...

0 Response to "Jangan Buru-Buru Dicat, Begini Cara Menghilangkan Uban Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel