Cara Mengatasi Setrika Lengket Agar Mulus Seperti Baru

Loading...
Loading...

 

Walaupun setrika dipakai untuk menggosok baju yang sudah bersih, tapi tidak menutup kemungkinan setrika tersebut tidak bisa menjadi kotor. Nah, kenali beberapa penyebab setrika lengket berikut ini:


 

  • Menyetrika pakaian yang bersablon atau mengandung rubber
  • Penggunaan pelicin pakaian
  • Setrika terlalu sering dipakai

Ketika setrika Anda lengket, apa yang harus Anda lakukan? Apakah Anda harus mengganti setrika baru? Tak perlu mengganti setrika baru karena dengan beberapa cara membersihkan setrika yang lengket ini, Anda dapat kembali melicinkan pakaian dengan setrika lama Anda. Yuk, simak beberapa cara yang akan kami bagikan ini.

1. Menggunakan Kain basah

Saat setrika sudah dingin, ambil kain yang sudah dibasahi dengan air, tapi peras dulu agar airnya tidak berlebih. Gosok bagian bawah setrika dengan kain lap yang sudah dibasahi tadi sampai keraknya hilang. Bila perlu, kerok kotoran yang menempel di setrika dengan jari Anda sembari diusap dengan lap basah.

2. Oleskan Odol / Pasta Gigi

Caranya adalah oleskan odol secukupnya di bagian bawah setrika yang terkena kerak lengket. Kemudian, gosok kerak tersebut dengan kain kering secara perlahan. Lakukan langkah-langkah ini berulang kali sampai kerak lengket yang ada pada setrika benar-benar hilang.

3. Bersihkan dengan Baking soda

 

Memanfaatkan baking soda sebagai bahan untuk membersihkan setrika yang lengket, buat pasta kental dari baking soda dan sedikit air.

Oleskan pasta baking soda ini langsung ke bagian kerak lengket yang menempel di permukaan setrika. Apabila nodanya tidak kunjung hilang, gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok noda tersebut.

4. Campurkan Cuka dan Garam

Kedua bahan yang satu ini bisa dengan mudah Anda peroleh di dapur. Ya, cuka dan garam adalah bahan sederhana yang bisa membantu Anda membersihkan kerak lengket di bawah setrika. Langkah-langkah menggunakan cuka dan garam sebagai cara membersihkan setrika yang lengket diawali dengan menyiapkan wadah, disarankan untuk menggunakan panci.

5. Gosokkan Setrika Panas Pada Daun Pisang

Cara menghilangkan noda lengket pada setrika dengan daun pisang dimulai dengan memanaskan setrika sampai suhu maksimal. Kemudian, gosokkan setrika ke daun pisang. Dalam sekejap daun mungkin akan gosong dan mengeluarkan aroma terbakar.

Namun, hal tersebut tidak masalah karena kerak lengket yang selama ini menempel di setrika Anda akan melekat pada daun tersebut. Daun pisang juga bisa dipakai sebagai alas untuk menyetrika sehari-hari. Bahkan, setrika yang dialasi dengan daun pisang ini akan menjadi lebih licin meskipun Anda tidak menggunakan cairan pelicin pakaian.

Loading...

0 Response to "Cara Mengatasi Setrika Lengket Agar Mulus Seperti Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel