Bu Ibu Jangan Menambahkan Kursi di Motor untuk Anak, Bahaya!

Loading...
Loading...

 Emak-emak zaman now memanfaatkan sepeda motor untuk antar jemput. Bahkan, mereka menambahkan kursi tambahan, seperti yang terbuat dari rotan dan diletakkan di dek tengah.

Namun tahukah Anda, menggunakan kursi rotan tambahan itu sangat berbahaya bagi keselamatan si kecil yang duduk di kursi tersebut. Hal ini pun diungkapkan langsung pemerhati keselamatan jalan, Edo Rusyanto.

Kepada vemale.com, Edo menyatakan keberadaan kursi rotan dapat mengurangi kemampuan pengendara menjaga keseimbangan ketika bermanuver, seperti berbelok.

“Jangan lupa, prinsip bersepeda motor adalah menjaga kestabilan atau keseimbangan si roda dua melaju di atas aspal," kata Edo.

Menggunakan kursi tambahan atau kursi rotan untuk menambah jumlah penumpang sama seperti melanggar UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), yang berisi bahwa sepeda motor untuk dua orang, yaitu pengendara dan satu penumpang.

Memang belum banyak informasi mengenai keselamatan dari kursi ini di masyarakat. Wajar jika kemudian kursi rotan ini dijual bebas di toko pinggir jalan atau pun secara online.

Padahal, jika saja dipahami, maka seseorang akan sadar bahwa penempatan anak di bagian depan dengan kursi tambahan akan membahayakan keselamatannya.

Tips Berboncengan

Edo memberi tips berkendara dengan lebih aman pada orangtua yang memiliki balita atau pun anak di bawah usia 12 tahun.

Prinsip pertama adalah pengendara dan penumpang mesti "menyatu" dan penumpang berpegangan erat dengan pengendara.

"Selain itu, seirama dengan gerakan pengendara. Maksudnya, tidak berlawanan arah sepeeti satu ke kanan dan satu ke kiri. Hal ini bisa mengganggu keseimbangan pengendara dalam menstabilkan sepeda motor agar tetap melaju," ujarnya lagi.

Loading...

13 Responses to "Bu Ibu Jangan Menambahkan Kursi di Motor untuk Anak, Bahaya!"

  1. Pemotor di indo mah dah jago" semua bos,,tanpa SIM pun bisa jalan ke jalan raya,jadi gk ngaruh,,,apalagi cuma ketambahan kursi kek gitu,jalanan sempit pun bakalan di libas sama Mak" jaman now

    BalasHapus
  2. Kdg mak" rata2 klo naek motor ngawur, tanpa liat spion dan kepala gk pake tengok kanan kiri lngsung masuk aja, kasih peringatan aja buat emak2 supaya selalu waspada dan kurangi rasa kebiasaan nyelonong

    BalasHapus
  3. Tulisan recehhh.... Kata siapa bonceng anak dibelakang aman.... Gimana klo anaknya ngantuk dan ketiduran... bahaya tau.... Bego amat sih bikin artikel

    BalasHapus
  4. Yg pasti tetap berkendara dgn aman tidak melakukan manuver belok membahayakan sah-sah aja koq pakai tempat duduk tambahan asalkan di lengkapi pelindung bantal agar tidak terbentur stang motor kepala sianak

    BalasHapus
  5. tanpa boncengan justru sangat berbahaya,,kalo ngantuk

    BalasHapus
  6. Jangan kawatir Om, emak emak Indonesia sudah jago soal naik motor, kl cuman ditambah dengan kursi tambahan udah enggak ngaruh

    BalasHapus
  7. Emak2 jaman sekarang sdh pinter2,sen kiri beloknya kanan.kdng2 sen nyala tp g belok2

    BalasHapus
  8. Untuk emak2 INDO jangankan kursi, nambahin KASUR saja buat mereka GAK masalah. Wkwkwkwk..

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel