Luar Biasa, Ternyata Manfaat Minyak Tawon Tak Bisa Disepelekan

Loading...
Loading...
GenPI.co - Minyak tawon merupakan nama merek minyak gosok. Walaupun namanya minyak tawon, minyak ini bukan berasal dari tawon.
Minyak tawon tidak hanya bermanfaat ampuh untuk menyembuhkan luka luar dan persendian, karena minyak tawon juga dapat mengatasi berbagai penyakit.
Minyak tawon terbuat dari campuran ekstrak minyak kayu putih, minyak kelapa, cengkeh, dan lada. Berikut kandungan masing-masingnya:
Minyak Kelapa, berguna bagi kelembapan, kelenturan, dan kelembutan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin A dan E pada minyak kelapa.
Selain itu 80% asam lemak dalam minyak kelapa adalah asam lemak rantai pendek dan sedang yang molekulnya berukuran kecil sehingga mudah meresap ke sel-sel tubuh.
Minyak kayu putih, mengandung minyak esensial yang dapat mencegah infeksi kuman yang dapat menghambat proses penyembuhan luka. Juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh dan meredakan rasa capek.
Cengkeh, bermanfaat meredakan keluhan nyeri sendi dan bersifat antiseptik.
Daun lada, jahe, kunyit dan bawang, mengandung minyak atsiri yang berkhasiat anti kuman dan melancarkan sirkulasi darah.
Berikut manfaat minyak tawon untuk kesehatan tubuh:
1. Meredakan Sakit Kepala
Minyak tawon dapat membantu meredakan sakit kepala akibat flu. Cukup gosokkan minyak tawon pada bagian samping kepala secara perlahan disertai pijatan. Setelah beberapa saat kepala akan terasa membaik.
2. Melancarkan Sirkulasi Darah
Minyak tawon juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Hal ini membuat minyak tawon bermanfaat untuk menghangatkan dan meredakan rasa capek atau pegal-pegal.
Anda bisa menggunakannya dengan cara dioleskan dan lakukan pemijatan pada area tertentu yang terasa capek atau pegal.
3. Menghangatkan Tubuh dan Melegakan Pernapasan
Bau minyak tawon sangat khas. Bau khas inilah yang membantu melegakan pernapasan dari hidung tersumbat.
Aroma cajuput oil yang bersifat aromaterapi ditambah dengan bau yang khas bawang, minyak serai, dan kunyit inilah yang melancarkan sirkulasi udara di hidung.
Manfaat minyak tawon tidak hanya itu saja, kandungan cajuput oil juga mampu menghangatkan tubuh.
Kemudian, bawang merah yang memberikan efek vasodilatasi, ketika digosokkan ke kulit, peredaran darah akan lebih lancar sehingga cukup ampuh untuk mengatasi masuk angin jika digunakan untuk minyak kerokan.
4. Mengobati Sakit Perut dan Diare
Minyak tawon dapat dimanfaatkan untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan diare.
Cukup gosokkan minyak tawon pada bagian perut secara perlahan. Kandungan di dalamnya akan membuat pencernaan terasa lebih baik dan lebih lancar.
5. Mencegah Gigitan Nyamuk
Manfaat minyak tawon bisa untuk mencegah gigitan nyamuk. Untuk mengusir dan mencegah gigitan nyamuk, Anda bisa mengoleskan minyak tawon pada tubuh tipis-tipis.
Nyamuk ternyata tidak menyukai bau minyak tawon yang cukup menyengat dan cenderung menjauhi bau tersebut. Anda tentu bisa kembali beraktivitas tanpa takut digigit nyamuk.
6. Minyak untuk Pijat
Manfaat minyak tawon yang paling lumrah digunakan sebagai pelumas agar tangan lebih lincah dalam memijat. Saat tubuh pegal, minyak tawon menjadi pilihan utama dalam melakukan pijatan.
Minyak ini aman dioleskan ke kulit. Akan tetapi, sebaiknya hindari mengoles minyak tawon pada area kulit yang terluka karena sensasi panasnya dapat menimbulkan perih pada beberapa orang.
Kandungan capujut dalam minyak tawon juga memberi manfaat pada tubuh kamu yang pegal. Pasalnya, cajuput oil mengandung senyawa aktif cineole yang bisa meredakan nyeri.(*)
Loading...

0 Response to "Luar Biasa, Ternyata Manfaat Minyak Tawon Tak Bisa Disepelekan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel