Jangan Dibuang, Kantong Teh Bekas Ternyata Bermanfaat bagi Kehidupan Sehari-hari

Loading...
Loading...
Minum teh sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar orang Indonesia. Selain rasanya yang lembut, teh memberikan banyak manfaat pada tubuh kita. Dari mulai menyegarkan pikiran, detoks tubuh, hingga alasan kesehatan lainnya.
Ternyata tidak sampai situ saja, teh memiliki beragam manfaat untuk kehidupan sehari-hari tanpa kita sadari. Beberapa di antaranya adalah merawat kecantikan hingga menjaga kesegaran di dalam rumah.
Mengutip Healthline, teh kaya akan polifenol yang merupakan senyawa alami memiliki manfaat kesehatan, seperti mengurangi peradangan dan membantu melawan kanker. Kandungan anti-inflamasi dalam teh, dapat meredakan jerawat yang meradang, infeksi, atau alergi kulit. Sedangkan aroma khas teh bisa menghilangkan bau apek pada bagian rumah.
Jadi jangan segera membuang kantong teh Anda, karena banyak sekali kegunaannya. Berikut kumparanWOMAN uraikan berbagai manfaat kantong teh bekas pakai yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Apa saja?

Membuat rambut tampak berkilau

Kandungan kafein yang ada dalam teh menghalangi produksi hormon dihidrotestosteron yang memicu kebotakan. Nutrisi seperti Polyphenols, Vitamin C, dan Vitamin E yang ada pada teh membantu rambut tampak berkilau dan melindunginya dari sinar UV, sehingga tidak mencegah rambut terlihat kusam.
Selain itu, membilas rambut dengan teh dapat mencegah rambut rontok. Cara perawatannya cukup mudah, masukan kantong teh pada air mendidih, tunggu sampai dingin lalu balurkan pada helai rambut dan kulit kepala. Diamkan sampai sekitar 15 menit, dan bilas.

Mencegah penuaan

Pada 2005 lalu, terdapat sebuah penelitian terhadap 80 perempuan yang menunjukkan peningkatan elastisitas kulit peserta yang dirawat dengan mengkonsumsi dan mengoleskan teh hijau pada wajah. Seperti yang telah banyak diketahui, kandungan antioksidan pada teh mampu menjaga keremajaan kulit dan mencegah radikal bebas.

Melembapkan kulit kering

Penggunaan kantong teh bekasi pakai dapat menyegarkan kulit, terutama yang jenisnya kering. Ketika sudah menikmati teh yang hangat, diamkan kantung teh menjadi dingin, setelah itu oleskan pada wajah dan biarkan sampai meresap, lalu bilas. Untuk perawatan ini Anda bisa menggunakan teh jenis apapun, tetapi antioksidan dalam teh hijau sangat efektif untuk menghidrasi kulit kering.

Mengurangi lingkaran hitam bawah mata

Setelah menikmati teh di pagi hari, Anda bisa memanfaatkan kantong teh yang sudah diseduh tadi untuk mengurangi bengkak, atau lingkaran hitam di sekitar mata. Taruhlah kantong teh di kulkas, ambil setelah beberapa menit, dan kompreskan pada mata Anda. Kandungan kafein pada teh akan bekerja dengan sangat baik untuk mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata.

Menyerap bau yang tidak menyenangkan

Aroma teh yang dikenal menenangkan ini, ternyata bisa menyerap bau tanpa meninggalkan aroma menyengat. Jika Anda ingin menghilangkan bau apek secara alami pada beberapa tempat di rumah, teh menjadi pilihan yang tepat.
Caranya taruh kantong teh kering yang bekas pada laci, lemari, kulkas, bahkan sepatu Anda. Diamkan saja dalam beberapa hari, setelah itu Anda bisa mengganti kantong teh bekas yang baru untuk tetap menjaga kesegaran.

Membuat permukaan kayu mengkilap

Tidak hanya rambut, teh juga bisa mengembalikan kilau kayu pada lantai dan furniture Anda. Mudah sekali caranya, cukup merendam beberapa kantong teh bekas dalam air hangat, kemudian oleskan ke permukaan kayu dengan kain lembut atau kain mikrofiber. Dalam waktu singkat, lantai kayu atau furniture kayu Anda tampak mengkilap seperti baru.

Menyegarkan aroma karpet

Karpet yang lama tersimpan dalam lemari atau sudah lama digunakan, bisa menimbulkan bau apek. Untuk menyegarkan aroma karpet, Anda bisa menggunakan racikan bahan alami seperti teh dan baking soda.
Keluarkan isi daun teh dari kantongnya, aduk daun teh ke dalam segenggam baking soda, lalu taburkan campuran itu di bagian karpet yang apek. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan area yang telah ditaburkan. Teh dan baking soda dapat mampu menyerap kotoran dan bau tak sedap, sehingga karpet kembali segar dengan aroma alami.
--
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Loading...

1 Response to "Jangan Dibuang, Kantong Teh Bekas Ternyata Bermanfaat bagi Kehidupan Sehari-hari"

  1. Isi kantong teh dapat digunakan sebagai pupuk dan juga nenggemburkan tanah dalam pot untuk tanaman seledri

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel