5 Cara Mudah Bedakan Madu Asli dan Palsu, Pakai Lilin dan Koran

Loading...
Loading...
TEMPO.COJakarta - Banyak orang yang merasa tertipu karena tak dapat membedakan madu asli dengan yang palsu. Madu asli memiliki banyak khasiat untuk tubuh, sebaliknya madu palsu mengandung kadar gula yang tinggi sehingga justru bisa membahayakan kesehatan.
Secara fisik, sulit membedakan madu palsu dengan yang asli. Tapi ada beberapa cara sederhana yang sering digunakan masyarakat untuk menguji keaslian madu, antara lain.
1. Dipanaskan dengan lilin
Tuang madu yang akan Anda uji ke sendok, lalu panaskan sendok tersebut di atas lilin yang menyala. Madu yang dipanaskan akan berubah warna dan berbuih, namun akan kembali ke tekstur semula saat kembali dingin.
Ketika ditarik dengan lidi, madu asli tidak akan membentuk benang yang keras. Sebaliknya, madu palsu akan membentuk benang keras tersebut.
2. Meneteskan madu pada koran
Cara membedakan madu asli dan palsu ini sangat mudah karena Anda cukup menuang madu di atas koran. Bila madu tidak merembes lebar dan menembus koran, maka itu adalah madu asli. Sebaliknya, bila madu dapat menembus koran, bahkan menetes ke lantai, maka bisa dikatakan itu adalah madu palsu.
3. Menuangkan madu ke air hangat
Masukkan madu ke air hangat dan biarkan sebentar. Jika madu tidak langsung larut dan air tetap jernih sebelum diaduk, maka madu tersebut asli. Sebaliknya, bila air lekas keruh sebelum diaduk, bisa jadi madu yang Anda miliki adalah madu palsu.
4. Aroma
Cara membedakan madu asli dan palsu dapat dilakukan dengan indera penciuman Anda. Madu asli pasti memiliki aroma khas bunga yang dijadikan bahan nektar, misalnya bunga rambutan, kapuk, kelengkeng, akasia, dan lain-lain, sedangkan madu palsu tidak beraroma.
5. Disiram air putih
Tuang dua sendok makan madu di atas piring datar, kemudian siram dengan air putih dan goyangkan ke kanan dan kiri. Madu asli akan membentuk seperti sarang lebah, sedangkan madu palsu akan menyebar bahkan bercampur dengan air tersebut.
Cara membedakan madu asli dan palsu yang paling akurat memang hanya lewat pengujian enzim di laboratorium. Namun, tidak ada salahnya Anda melakukan langkah pengujian sederhana di atas demi memastikan Anda tidak dibohongi oleh produsen madu palsu yang tidak bertanggung jawab.
SEHATQ
Loading...

0 Response to "5 Cara Mudah Bedakan Madu Asli dan Palsu, Pakai Lilin dan Koran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel