Horeeee Kabar Gembira Bayar Pajak Kendaraan dari Indomaret Tanpa Perlu KTP Sangat Membantu di Masa Corona

Loading...
Loading...
Bayar pajak kendaraan di Indomaret tanpa KTP di kondisi sekarang yang sedang siaga corona dan bulan puasa sangat membantu masyarakat.
Daripada pergi ke samsat yang harus antri bikin haus dan berisiko penularan virus lebih baik bayar dari Indomaret.
Apalagi tidak perlu KTP sehingga pemilik kendaraan yang belum punya biaya untuk balik lama ini sangat membantu.
Memang sih daerah tertentu bebas BBNKB alias tanpa biaya balik nama, tapi tetap saja kudu biaya BPKB dan pelat nomor.
Seperti yang diceritakan Mas Unang dari Jawa Timur yang bayar pajak kendaraan di Indomaret.
Dia cerita di salah satu grup Facebook bayar pajak kendaraannya tanpa KTP.
Apalagi kalau dilihat di STNK kendaraan Mas Unang masih atas nama PT alias perusahaan.
MAS UNANG
Mas Unang setelah bayar pajak di Indomaret dapat resi atau e-TBPKP
Setelah pembayaran di Indomaret Mas Unang dapat resi Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (e-TBPKP) yang menyerupai STNK.
Apakah perlu minta notes pembayaran pajak di Samsat?
Teman satu grup yang bernama Alifulloh Azhar bilang, katanya tanpa cetak di samsat juga tidak apa-apa alias sudah sah.
"Cetak di Samsat juga bisa gak perlu KTP. Saya sudah coba dua-duanya. Tapi, di motor saya," tulis Alifulloh dalam kolom komentar.
Memang sesuai yang dibilang Mas Unang dan Alifulloh, bayar pajak kendaraan bermotor di Jawa Timur bisa online dan langsung cetak bukti bayar sendiri.
Samsat Jatim jadi yang pertama melakukan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui sistem online dan cetak bukti bayar sendiri dan sah di Kepolisian.
Pemilik kendaraan bermotor yang terdaftar di Jawa Timur dapat membayar pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK tahunan secara online di lebih 16.000 Indomaret di seluruh Indonesia.
Para wajib pajak pun tidak perlu balik ke Samsat lagi untuk mencetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran.
Setelah membayar secara online, para wajib pajak akan mendapatkan e-TBPKP yang bisa disimpan di ponsel dan kemudian dicetak sendiri serta sah di Kepolisian.
Bayar pajak kendaraan online sudah diresmikan sejak pembukaan Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2019 24 di Banyuwangi, Selasa (24/4/2019) lalu.
Dalam kesempatan tersebut, hadir Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa; Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Timur, AKBP Mohammad Aldian; dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur, Boedi Prijo Soeprajitno.
Ketiganya diberi kehormatan melakukan soft launching pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor tersebut.
AKBP Mohammad Aldian menjelaskan, mekanisme pengesahan STNK tahunan secara elektronik dilakukan setelah wajib pajak melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui outlet Indomaret.
Wajib pajak hanya perlu membawa KTP dan STNK asli, kemudian kasir Indomaret memasukkan Nomor Polisi, Nomor mesin kendaraan, dan nomor HP wajib pajak.
Setelah pembayaran tuntas, maka wajib pajak akan menerima struk pembayaran dan SMS bitly dari Polri.
SMS bitly itu berisi data ERI (Electronic Registeration & Identification).
Sehingga bila SMS bitly itu di-klik maka akan muncul gambar Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (e-TBPKP), yang bisa disimpan dalam ponsel atau dicetak.
"e-TBPKP yang dilengkapi dengan barcode (QR code) itu merupakan tanda bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bukti Pengesahan STNK yang valid dan sah, jadi nantinya petugas yang melakukan razia bisa memverifikasi pengesahan dengan menggunakan scan barcode (QRcode)," ucap Wadirlantas Polda Jatim dikutif dari Tribunnews.com.
Loading...

0 Response to "Horeeee Kabar Gembira Bayar Pajak Kendaraan dari Indomaret Tanpa Perlu KTP Sangat Membantu di Masa Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel