5 Tips Menjernihkan Kembali Minyak Goreng Bekas, Anti Boros Deh!

Loading...
Loading...
Saat melalukan proses memasak tentu saja tidak boleh melewatkan salah satu bahan penting, yaitu minyak goreng. Tentunya minyak goreng seakan menjadi salah satu bahan wajib yang digunakan untuk menggoreng suatu olahan.
Namun, terkadang kita menemukan permasalahan ketika minyak goreng yang telah digunakan berubah warna. Permasalahan seperti ini dapat diatasi dengan melakukan beberapa tips. Tentunya selain praktis, kita juga dapat menghemat penggunaan minyak goreng.
Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara menjernihkan kembali minyak goreng, berikut lima hal yang dapat dilakukan!

1. Menggoreng nasi

wikihow.com
Tahukah kamu bahwa satu lepalan nasi dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk menjernihkan kembali minyak goreng? Cara yang digunakan juga sangat mudah, yaitu dengan cara mengepalkan nasi hingga padat kemudian menggorengnya di dalam minyak goreng.
Nasi akan membantu dalam membersihkan minyak goreng sebab endapan dan sisa penggorengan akan menempel pada nasi tersebut.

2. Arang dari biji salak

parenting.orami.co.id
Siapa yang tidak tahu salak? Buah lezat khas Indonesia ini dikenal memiliki biji dengan ukuran yang cukup besar. Daripada membuat biji tersebut begitu saja, kamu dapat mengolah biji tersebut menjadi arang untuk kemudian digunakan sebagai bahan pembersih minyak goreng.
Cukup dengan mencampurkan minyak goreng bekas yang telah dipanaskan bersama dengan arang, kemudian saring dan hasilnya akan jernih.

3. Ampas nanas

healthynibblesandbits.com
Jika kamu menemukan sisa ampas nanas di dapur, jangan buru-buru membuangnya ya. Kamu dapat memanfaatkan ampas tersebut untuk menjernihkan kembali minyak goreng.
Pertama-tama cukup siapkan ampas nanas yang telah dicuci bersih sebanyak kurang lebih 1-3 kg, kemudian panaskan di dalam oven selama satu jam hingga membentuk karbon.
Setelah itu, haluskan dengan blender dan campurkan bersama dengan minyak goreng bekas. Cukup diamkan selama 3 jam dan saring minyak untuk memisahkannya dengan karbon sisa ampas nanas.

4. Gunakan arang kayu

eater.com
Bila kamu sulit mengolah ampas nanas dan biji salak, jangan khawatir sebab kamu tetap dapat menggunakan arang kayu. Dengan proses yang mirip seperti sebelumnya, kamu hanya cukup menghaluskan arang kayu sebelum kemudian mencampurkannya bersama dengan minyak selama lima menit dan saring kembali minyak tersebut.

5. Sari mengkudu

ulyadays.com
Tak selalu menggunakan arang atau karbon untuk menjernihkan minyak lho. Kamu dapat menggunakan sari mengkudu dengan cara mendiamkannya selama lima menit bersama dengan minyak goreng bekas.
Setelah itu, kamu dapat memanaskan minyak campuran tersebut dan diamkan hingga minyak berubah warna atau menjadi lebih jernih, kemudian barulah disaring untuk memisahkan dari sari mengkudu.
Nah, 5 tips di atas dapat menjadi informasi menarik bagimu dalam menjernihkan kembali minyak goreng bekas. Berani mencobanya?
Loading...

0 Response to "5 Tips Menjernihkan Kembali Minyak Goreng Bekas, Anti Boros Deh!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel