10 Manfaat Bunga Pepaya yang Jarang Diketahui, Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan

Loading...
Loading...
Manfaat pepaya cukup terkenal bagi orang Indonesia. Menariknya, manfaat tersebut tidak hanya datang dari buahnya saja tetapi juga dari akar, daun, getah, hingga bunga pepaya.
Nutrisi yang ada dalam bunga pepaya
Meskipun memiliki rasa yang cukup pahit. Namun dalam setiap 100 gram bunga ini terkandung beberapa nutrisi penting seperti:
  • Energi 45 kkal
  • Protein 2,6 gr
  • Lemak 0,3 gr
  • Karbohidrat8,1 gr
  • Kalsium 290 mg
  • Fosfor 113 mg
  • Zat besi 4,2 mg
  • Vitamin B1 0,01 mg
  • Vitamin C 23,3 mg
10 Manfaat bunga pepaya untuk tubuh
1. Melancarkan sistem pencernaan
Tanin dalam bunga pepaya dapat membantu organ pencernaan menjalankan fungsinya secara optimal. Kandungan inilah yang membuat bunga ini bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.
2. Meningkatkan nafsu makan
Bila anak-anak kurang nafsu makan, tak ada salahnya bila Anda memanfaatkan bunga ini sebagai obat untuk mengembalikan nafsu makannya yang hilang. Cara ini telah banyak digunakan di beberapa negara di Asia termasuk Indonesia.
3. Menghilangkan radikal bebas
Bunga pepaya mengandung berbagai unsur antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.
Seperti yang kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kronis dan penyakit degeratif seperti serangan jantung, alzeimer, stroke, dan kanker.
4. Melancarkan sirkulasi darah
Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, maka mengonsumsi bunga ini secara teratur bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan Anda. Zat di dalam bunga ini sangat berguna untuk mengatur sirkulasi darah di dalam tubuh dan membantu menormalkan kembali tekanan darah.
5. Mencegah kanker
Senyawa flavonoid dan antioksidan yang terkandung dalam bunga ini dapat berfungsi untuk menangkal dan mencegah masuknya radikal bebas dalam tubuh yang menjadi penyebab berbagai jenis kanker. Flavonoid dan antioksidan juga memiliki fungsi lain untuk menjaga stabilitas sistem kekebalan tubuh kita.
6. Mengobati diabetes
Bunga pepaya dipercaya membantu menurunkan kadar insulin dalam tubuh sebagai penyebab utama diabetes.
Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa bunga pepaya dapat menyembuhkan diabetes. Namun zaman dahulu banyak orang yang mengonsumsi bunga ini untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh mereka.
Dilansir dari Dr Health Benefits, Dr. Shika Sharma seorang dokter di sebuah lembaga kesehatan juga menyetujui hal ini. Ia mengungkapkan bahwa memang bunga pepaya mengandung banyak vitamin dan elemen yang dapat berfungsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk diabetes.
Namun sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu bila Anda ingin memanfaatkan bunga ini sebagai obat diabetes.
7. Penurunan berat badan
Bunga ini mengandung serat, vitamin A, B dan C yang memadai, meski tidak sebanyak pada buahnya. Dengan berbagai kandungan ini, bunga pepaya memiliki manfaat untuk menurunkan dan mengontrol berat badan.
8. Menurunkan kolesterol
Kandungan folat dan antioksidan di dalam bunga ini yang dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan kolesterol. Ketika Anda mengonsumsi bunga ini, kandungan folat dan antioksidan di dalamnya sangat bermanfaat untuk melawan kolesterol jahat.
9. Mencegah penyakit stroke
Bunga ini mengandung nutrisi yang bisa mencegahpenyumbatan pembuluh darah akibat sirkulasi darah yang buruk. Sehingga gejala stroke akibat penyumbatan pembuluh darah bisa dihindari.
10. Mencegah serangan jantung
Seperti dijelaskan sebelumnya, manfaat kesehatan bunga pepaya mengandung sejumlah zat yang dapat membantu sirkulasi darah. Secara lebih lanjut, hal ini dapat membantu jantung tetap sehat dan terjaga dari risiko serangan jantung.
sumber: theasianparent.com
Loading...

0 Response to "10 Manfaat Bunga Pepaya yang Jarang Diketahui, Ternyata Sangat Bagus untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel