Cobalah 12 Manfaat Luar Biasa Ketika Minum Air Kelapa Muda

Loading...
Loading...
Ilustrasi air kelapa. (Foto:Istimewa)
PEKANBARU-Air kelapa merupakan salah satu minuman yang mudah ditemukan di sekitar kita. Para penjual kelapa biasanya akan menambahkannya dengan es dan pemanis, seperti gula. Tujuannya agar rasanya menjadi lebih segar.
Meski demikian, yang perlu diingat lebih baik minum air kelapa murni. Sebab manfaat air kelapa sangat banyak bagi kesehatan. Mulai dari menurunkan gula darah, melindungi kulit hingga mencegah kanker yang berbahaya. Semuanya ada di dalam air kelapa.
Apalagi bila dikonsumsi di siang hari saat terik matahari, rasanya akan lebih segar. Tidak panjang lebar, mari kita kupas tuntas apa saja manfaat dari air kelapa, salag satunya untuk penderita diabetes agar gula darah tetap normal.
Dikutip dari naturalfoodseries.com, inilah 12 manfaat dari air kelapa muda.
1. Mengontrol gula darah
Ini adalah salah satu fungsi yang paling bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Di mana harus selalu menjaga kadar gula dara tetap normal. Air kelapa rendah kalori bahkan kadar gulanya nol meskipun rasanya kadang sedikit manis.
Air kelapa juga efektif mencegah penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Juga senyawa asam amino di dalam air kelapa membuat pankreas aktif untuk memproduksi insulin. Yang berguna dalam mengontrol kadar gula darah. Konsumsi satu hingga dua gelas air kelapa setiap hari, agar tubuh selalu sehat dan tetap terhidrasi.
2. Menurunkan berat badan
Air kelapa yang masih muda ternyata sangat aktif membuat metabolisme berjalan lebih cepat, sekaligus mengurangi nafsu makan. Apalagi air kelapa memiliki kalori hingga nol, yang membuatnya aman untuk diminum kapan saja. Sehingga baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.
3. Meningkatkan proses pencernaan
Air kelapa sangat bagus dalam mengatasi gangguan pencernaan, sehingga membuatnya bekerja lebih efektif. Di banyak kasus, masalah pencernaan biasanya terjadi akibat kurangnya asupan cairan dan elektrolit. Dan air kelapa memilikinya.
4. Mencegah tekanan darah tinggi
Elekrolit alami yang ditemukan di dalamnya, membantu menangkal faktor-faktor penyebab tekanan darah tinggi. Air kelapa membantu membersihkan saluran pembuluh darah yang tersumbat dari kenaikan lemak darah.
5. Menyehatkan kardiovaskuler
Penyebab kardiovasuler adalah menumpuknya kolesterol di dalam pembuluh darah. Seperti dijelaskan di atas, air kelapa berguna dalam menghilangkan kolesterol jahat yang mungkin menyumbat pembuluh darah. Sehingga aliran darah lancar dan kesehatan kardiovaskuler pun terjaga.
6. Menjaga kesehatan ginjal
Organ ginjal berguna dalam mengeluarkan kelebihan asam urat dan zat beracun lainnya dari dalam tubuh. Apalagi fungsi utamanya adalah menyaring darah dari residu metabolisme. Sifat antibakteri di dalam air kelapa, bisa mengatasi berbagai masalah di organ ginjal.
7. Menyembuhkan sakit kepala
Nah jika Anda sering terserang sakit kepala atau migrain, berhenti minum obat. Mulai mengonsumsi air kelapa secara rutin, karena mengandung nutrisi yang lengkap dan penting. Salah satunya adalah magnesium yang berguna dalam mengobati migrain.
8. Baik untuk ibu hamil
Sejak zaman dahulu, ibu hamis direkomendasikan untuk rutin minum air kelapa agar bayinya sehat. Dan secara ilmiah pun sudah terbukti, karena air kelapa mengandung nutrisi yang dibutuhkan janin. Di antaranya adalah magnesium, kalium, asam amino dan vitamin.
9. Menghaluskan kulit
Minum air kelapa secara teratur tidak hanya menghidrasi tubuh, tetapi juga merawat kulit yag kering dan rusak. Sitokin yang ditemukan di dalam air kelapa, juga mencegah keriput datang lebih awal. Dan juga, mencegah timbulnya jerawat dan iritasi kulit.
10. Anti kanker
Para ahli sepakat, jika air kelapa membantu dalam mengobati kanker. Air kelapa manjur dalam 'membius' sel-sel kanker dan pertumbuhannya.
11. Mengatasi kerusakan rambut
Sama halnya dalam merawat kulit, kulit kepala juga perlu dirawat. Dan air kelapa melakukannya dengan baik. Konsumsi secara rutin air kelapa setiap harinya, agar tubuh sehat dan kerusakan rambut berkurang.
12. Antimikroba
Air kelapa efektif dalam menghancurkan bakteri gram positif dan negatif, yang mencegah beberapa infeksi di dalam tubuh. (*)
Editor: Boy Surya Hamta
Loading...

0 Response to "Cobalah 12 Manfaat Luar Biasa Ketika Minum Air Kelapa Muda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel