Pikun sampai Kena Penyakit Jantung, Ini Akibat Begadang Sambil Main Smartphone

Loading...
Loading...
Berita Gaya Hidup, – Smartphone sudah jadi salah satu kebutuhan setiap orang, terkadang beberapa orang sulit lepas dari smartphone. Seringkali juga banyak yang begadang sambil main smartphone, entah untuk bermain game online maupun untuk berselancar di media sosial.
Jika Anda sering begadang sambil main Smartphone, pada siang hari, tubuh akan sering lelah dan tentu saja jadi gampang mengantuk. Bahkan efek jangka panjangnya kekebalan tubuh pun bisa menurun akibat selalu terjaga lantaran bermain ponsel.
Dikutip dari Toutiao, berikut perubahan yang akan Anda alami jika sering begadang sambil main smartphone:
Pelupa Lantaran Kemampuan Memori Otak Menurun
Begadang jika dilakukan terus menerus akan berakibat kurangnya suplai darah ke otak. Akibatnya terjadi penurunan kemampuan memori otak Anda karena pasokan darah berkurang dalam otak.
Jika kemampuan memori sudah menurun, maka Anda seringkali lupa sesuatu hal yang baru saja terjadi. Anda mungkin lupa menaruh kunci atau barang-barang kecil lainnya. Tentu saja ini bisa jadi berdampak serius pada kehidupan Anda.
Hilang Memori
Awalnya mungkin Anda pelupa, lama-kelamaan jika terlalu sering tidur larut sambil bermain smartphone, maka pasokan darah ke orak terus berkurang. Hal ini bisa menimbulkan rasa pusing dan bahkan berpengaruh terhadap kesehatan mental.
Jika Anda terus menerus begadang sambil main smartphone yang terjadi Anda bisa kehilangan memori yang diawali oleh insomnia parah. Anda bisa mengalami kepikunan lebih dini.
Pencegahannya, yang harus Anda lakukan adalah beristirahat yang cukup. Matikan smartphone segera, dan berusahalah untuk tidur. Sehingga ketika bangun esok harinya Anda sudah segar kembali.
Rentan Terkena Penyakit
Bermain smartphone hingga larut malam, tentu saja merupakan kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan.
Anda terus begadang setiap malam, maka lama kelamaan kesehatan Anda akan turun, berbagai penyakit pun mudah datang ke tubuh Anda.
Penyakit yang biasa diderita oleh orang yang gemar begadang sambil main smartphone biasanya berkaitan dengan masalah berat badan, kekebalan tubuh, bahkan penyakit jantung dan diabetes akibat kegemukan.
Begadang memang memicu kegemukan, ketika tengah malam Anda masih tidak tidur, biasanya lambung terasa nyeuri, awalnya hanya lapar, ketika Anda memutuskan untuk makan bukan hanya berat badan yang bisa naik, lambung Anda pun akan terasa perih.
Kulit jadi Bermasalah
Sadarkah Anda jika radiasi yang dipancarkan perangkat elektronik seperti ponsel ataupun computer bisa berdampak sangat serius terhadap kulit?
Kulit manusia akan berubah kusam saat sering terjaga pada waktu malam sampai larut pagi. Apalagi ditambah dengan terus menerus menatap layar smartphone, radiasinya akan membuat kulit kusam, timbul jerawat, mata panda, bahkan cepat keriput.
Kesehatan Mental Memburuk
Seringkali orang bisa tidur larut malam bahkan menjelang pagi karena punya masalah. Anda mungkin punya masalah terpendam, namun Anda berusaha mengabaikannya dengan begadang dan bermain smartphone.
Padahal pada malam hari, badan seharusnya beristirahat, sehingga jiwa raga Anda pun bisa beristirahat. Jika Anda begadang, maka organ tubuh Anda akan terus bekerja, padahal tubuh juga perlu beristirahat.
Makanya, dalam sebuah penelitian disebutkan, orang yang tidurnya larut malam bahkan menjealng pagi punya resiko lebih besar terkena penyakit jantung.
Itulah perubahan yang mungkin terjadi pada tubuh Anda ketika sering begadang sambil main smartphone. Ada baiknya Anda matikan ponsel ketika waktunya tidur dan tidak membiasakan diri tiduran sambil main smartphone, karena biasanya rasa ngantuk akan menjauh. (Ndu/R7/HR-Online)
Loading...

0 Response to "Pikun sampai Kena Penyakit Jantung, Ini Akibat Begadang Sambil Main Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel