Keutamaan Malam Jumat Lebih Utama Dari Pada Malam 7 Hari yang Lainnya

Loading...
Loading...


Seperti pernyataan dari Ali bin Abi Thalib (Karomallohu Wajhah) yang berkata: “Sesungguhnya Allah swt memilih Jum’at, lalu menjadikan harinya sebagai hari raya, dan memilih malamnya menjadi malam hari raya.

Di antara keutamaannya malam jumat adalah, orang yang momohon dan berdoa akan hajatnya kepada Allah Azza wa Jalla pada hari Jum’at. Maka Allah akan mengabulkannya. Suatu bangsa yang pantas untuk menerima azab lalu kemudian mereka memohon pada Allah di malam hari Jumat. Maka Allah akan menyelamatkan mereka darinya.
Sehingga tidak ada sesuatu pun yang Allah tentukan dan utamakan kecuali Ia menentukannya pada malam Jum’at. Karena itulah, bahwa malam Jum’at adalah malam yang paling utama daripada hari-hari yang lainnya di dalam 7 hari.”
Selain itu juga Rasulullah SAW pernah menyebut bahwa hari Jumat adalah “sayyidul ayyam” atau penghulu dari hari. Hal tersebut terbukti pada sabda-sabda Nabi Muhammad SAW yang sangat mengistimewakan hari Jumat bila disebandingkan hari yang lainnya.

Keistimewaan-keistimewaan itu telah tersurat dan tersirat dalam hadis yang menjelaskan tentang keutamaan malam jumat dan hari jumat. Salah satu hadis tersebut berbunyi:
Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya hari Jum’at adalah penghulu semua hari, di dalamnya Allah azza wa jalla melipatgandakan kebaikan, menghapus keburukan, mengangkat derajat, mengijabah doa, menghilangkan duka, dan menunaikan hajat-hajat yang besar.
Hari Jum’at adalah hari Allah menambah orang-orang yang dibebaskan dari neraka. Tidak ada seorang pun manusia yang memohon perlindungan di dalamnya dan ia mengenal hak-Nya dan yang diharamkan-Nya, kecuali Allah berhak membebaskan dan menyelamatkan ia dari neraka.
Jika ia mati pada hari Jum’at atau malamnya, ia mati syahid dan dibangkitkan dari kuburnya dalam keadaan aman. Tidak ada seorang pun yang meremehkan apa yang diharamkan oleh Allah dan menyia-nyiakan hak-Nya. Kecuali Allah berhak mencampakkannya ke dalam neraka Jahannam kecuali ia bertaubat.”
Karena keutamaannya itulah dijelaskan juga bahwa segala amal yang dilakukan umat manusia baik amal saleh maupun amal kemaksiatan balasannya akan dilipatgandakan. Hal tersebut tergambar dalam pernyataan Imam Ja’far. “Bahwa malam Jum’at dan harinya mempunyai hak. Maka janganlah kamu sia-siakan kemuliaannya (mengurangi ibadah) dan mendekatkan diri kepada Allah dengan amal shaleh, dan tinggalkan semua yang haram.
Loading...

0 Response to "Keutamaan Malam Jumat Lebih Utama Dari Pada Malam 7 Hari yang Lainnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel