Gempa 8,6 SR Hancurkan Sejumlah Rumah di Maluku Tengah

Loading...
Loading...
Salah satu rumah warga di Negeri (Desa) Liang, Kecamatan Salahutu rusak total akibat gempa bumi yang menerjang wilayah itu, Kamis (26/9). (Istimewa/tss)
Masohi,Gatra.com-Sejumlah rumah di Kabupaten Maluku Tengah rusak total setelah dilanda gempa bumi susulan, Kamis (26/9/2019).
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah, Bob Rachmat mangatakan, tiga wilayah yang terdampak gempa bumi, yakni Kecamatan Salahutu, Leihitu dan Pulau Haruku.
"Sementara tiga kecamatan itu yang terkena dampak bencana," kata Bob. Pihaknya sementara melakukan pendataan kerusakan maupun korban jiwa akibat gampa bumi.
"Kerusahan sudah pasti, terkait korban jiwa untuk saat ini sedang dicek di semua kecamatan," ujarnya.
Untuk diketahui, Kecamatan Pulau Haruku termasuk wilayah kepulauan yang tidak jauh dari Kota Ambon. Sedangkan Kecamatan Salahutu dan Leihitu berada pada Pulau Ambon, namun masuk wilayah administrasi Kabupaten Maluku Tengah dengan pusat ibukota di Kota Masohi, Pulau Seram.
Terhadap gempa itu, BMKG statsiun Amahai mencatat terjadi empat kali gempa bumi sepanjang pagi hingga sore dengan kekuatan bervariasi 2.2 skala richter hingga 6.8 skala richter.
Namun gempa tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami. Meski demikian, warga di sejumlah wilayah itu panik dan mengungsi ke dataran tinggi.
Reporter: Ancha S. Sapsuha
Loading...

0 Response to "Gempa 8,6 SR Hancurkan Sejumlah Rumah di Maluku Tengah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel