Apakah Pasangan yang Pernah Selingkuh Bisa Berubah? Ini Kata Psikolog

Loading...
Loading...
Ilustrasi pasangan yang selingkuh. (Shutterstock)
Suara.com - Apakah Pasangan yang Pernah Selingkuh Bisa Berubah? Ini Kata Psikolog.
Sulit untuk memaafkan pasangan yang selingkuh. Namun, tidak sedikit yang melanjutkan hubungan dan memaafkan pasangannya yang sudah mengkhianatinya. Mungkin karena percaya pasangan akan berubah.
Setulus-tulusnya Anda memaafkan, apsti ada sedikit kekhawatiran dan pertanyaan apakah ada yang kurang dari Anda atau apakah pasangan yang selingkuh sejatinya bisa berubah atau tidak.
Jawabannya tergantung, itu semua kembali lagi pada pribadi masing-masing. Akan tetapi, ada penjelasan psikologis dan berbagai faktor yang memengaruhi perubahan diri orang yang suka selingkuh.
Selingkuh bila dilihat dari sudut pandang psikologis merupakan suatu perilaku rumit yang didasari oleh alasan yang berlapis-lapis. Ketahuan oleh pasangan saja tak akan membuatnya kapok. Yang ada ia justru semakin mahir menutupi tindak-tanduknya. Untuk itu, Anda perlu memahami lebih jauh apa yang ada dalam pikiran pasangan yang selingkuh.
Untuk berubah, Anda harus tahu memberikan space pasangan agar mencari tahu permasalahan dalam dirinya, bukan pada diri Anda. Selingkuh adalah pilihan, tak ada yang bisa Anda lakukan apalagi sekitar Anda untuk mengendalikan perilaku orang yang selingkuh. Maka selama dirinya belum benar-benar memahami alasannya selingkuh, perubahan rasanya hampir mustahil.
Dirangkum dari penjelasan seorang pakar psikologi klinis dan konseling Jay Kent-Ferraro, Ph.D. dilansir Hello Sehat, yang seharusnya menjadi fokus bukanlah apakah pasangan yang selingkuh bisa berubah. Melainkan apa saja faktor yang membuat Anda mengkhianati pasangan dan mengapa caranya adalah dengan selingkuh? Dengan menjawab pertanyaan ini, Anda baru saja menapakkan langkah pertama menuju perubahan.
Sebagai gambarannya, Anda tahu bahwa Anda merasa minder terhadap pasangan. Dengan mengetahui alasan tersebut, Anda pun bisa mengatasi rasa minder. Misalnya lewat komunikasi yang lebih jujur dengan pasangan atau mengembangkan diri agar Anda jadi lebih percaya diri. Dengan begitu, hasrat selingkuh pun redam.
Memang tak mudah untuk memahami alasan pasangan selingkuh. Butuh kepekaan dan pemahaman diri yang cukup dalam.
Loading...

0 Response to "Apakah Pasangan yang Pernah Selingkuh Bisa Berubah? Ini Kata Psikolog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel