Kulkas Mati Akibat Listrik Mati, Makanan Rentan Terkontaminasi Bakteri

Loading...
Loading...
JawaPos.com – Dampak padamnya listrik ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan secara tak langsung. Salah satunya bersumber dari makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas. Ketika listrik padam, makanan minuman yang semula terjaga kesegaran dan kualitasnya, tentu menjadi mencari dan lembek. Apalagi jika disimpan di dalam freezer seperti daging, ayam, dan ikan.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Prof. Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menjelaskan, makanan yang didiamkan lama tanpa pendingin bisa terkontaminasi bakteri. Sebab, umumnya makanan yang disimpan di dalam kulkas berada dalam suhu 2-4 derajat celcius.

“Oleh karena itu saya mengingatkan bahwa makanan atau minuman dapat rusak jika tidak terjaga dalam suhu yang diharapkan. Makanan yang berada suhu kamar lebih cepat terkontaminasi dan rusak. Bahkan kadang kala di tahap awal rusaknya belum ada perubahan bau atau warna,” tutur dr. Ari kepada JawaPos.com, Selasa (6/8).

Menurutnya, tujuan dari menjaga makanan dalam suhu nol derajat atau lebih rendah adalah agar makanan tersebut tidak terkontaminasi dengan bakteri. Sementara pada suhu nol derajat sampai -20 derajat celcius pertumbuhan bakteri terhenti. Dengan perubahan suhu karena padamnya listrik maka bakteri akan tumbuh subur dan membuat kondisi daging menjadi rusak.

“Sayur dan buah-buahan juga akan layu dan membusuk. Jadi jelas bahwa perubahan suhu kulkas ini akan menyebabkan rusaknya makanan kita,” jelasnya.

Beberapa kuman yang bisa mencemari makanan kita antara lain E coli, S thyposa, Clostridium, beberapa jamur dan parasit. Menurut dr. Ari, makanan yang terkontaminasi jika dikonsumsi akan menyebabkan keracunan. Gejala utama keracunan makanan biasanya seperti muntah-muntah dan diare.

“Selain itu juga pasien bisa mengalami demam. Maka diimbau untuk hati-hati pada makanan dan minuman yang kualitasnya sudah tak terjamin akibat listrik padam,” tegasnya.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah
Reporter : Marieska Harya Virdhani
Loading...

0 Response to "Kulkas Mati Akibat Listrik Mati, Makanan Rentan Terkontaminasi Bakteri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel