Konsumsi 6 Jenis Sayuran Berikut Untuk Menurunkan Asam Urat

Loading...
Loading...
Pernah mengalami nyeri sendi pada bagian pergelangan kaki atau tangan? Jika pernah, waspadalah! Karena siapa tahu yang sedang Anda alami merupakan gejala penyakit asam urat. Penyakit yang kelihatannya sepele ini disebabkan oleh meningkatnya kadar asam urat (uric acid) pada tubuh.
Kelebihan asam urat ini lama kelamaan akan membuat kristal di sekitar sendi dan menimbulkan rasa sakit. Jika dibiarkan, sendi yang terserang akan mengalami pembengkakan dan berisiko mengalami kerusakan permanen. Hal ini tentu saja berbahaya bagi kesehatan dan berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari.

Penyebab Asam Urat
Meningkatnya kadar asam urat biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan purine. Sebenarnya zat kimia ini tidak berbahaya selama kadarnya normal. Apalagi tubuh kita memang dirancang untuk memproduksi purine alami. Kelebihan yang masuk biasanya berasal dari makanan seperti daging sapi dan jeroan. (Sumber: mayoclinic.org)

Inilah mengapa, menghindari makanan yang mengandung purine merupakan kewajiban bagi semua penderita asam urat. Sebagai penyeimbang, penderita disarankan untuk mengonsumsi makanan lain yang lebih sehat seperti sayuran atau buah-buahan.

6 Macam Sayuran Untuk Penderita Asam Urat
Bagi yang merasa memiliki gejala nyeri sendi atau bahkan sudah divonis sebagai penderita asam urat, kita wajib tahu sayuran apa saja yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar uric acid. Karena ternyata ada beberapa sayuran yang memiliki kandungan purine tinggi dan harus dihindari seperti kacang-kacangan, jamur, bayam, kembang kol, dan asparagus.

Nah menurut situs ini, ada 6 sayuran untuk penderita asam urat yang tidak mengandung purine dan dapat menurunkan kadar uric acid. Mari kita simak uraiannya!

Daun Seledri
Kandungan utama pada daun seledri adalah chlorine, asam lemak, sulfur, potassium, asam folat, inositol, esensial, mangan, seng, selenium, vitamin B1, dan vitamin A. Semua kandungan yang telah disebutkan diketahui memiliki kemampuan menekan risiko penyakit asam urat secara efektif.

Untuk mengonsumsi daun sehat ini, Anda dapat mengolahnya dalam bentuk sup, jus, atau sebagai garnish makanan favorit.

Baca juga : Pantangan Asam Urat

Tomat
Dalam tomat terkandung sejumlah zat bermanfaat seperti: karbohidrat, zat besi, protein, kalium, fosfor, serat, dan berbagai jenis vitamin. Selain dimanfaatkan sebagai bahan makanan, minyak pada tomat dipercaya dapat membantu meluruhkan kristalisasi asam urat pada sendi yang mengakibatkan rasa sakit.

Tidak hanya itu, konsumsi tomat secara rutin juga dapat mencegah peradangan sendi dan risiko asam urat lainnya. Tomat bisa dimakan langsung seperti kebanyakan buah atau diolah menjadi jus, sup, dan campuran bahan makanan lain.

Timun
Timun merupakan salah satu sayuran untuk penderita asam urat terbaik karena kandungan purinnya cukup rendah. Sayuran ini juga memiliki efek diuretik yang mampu merangsang ginjal untuk menghasilkan banyak urine. Sifat diuretik ini mampu mencegah terbentuknya batu ginjal. Tidak hanya itu, timun juga dapat membantu mengurangi kadar asam urat.
Loading...

0 Response to "Konsumsi 6 Jenis Sayuran Berikut Untuk Menurunkan Asam Urat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel