Biji Ketumbar Ampuh Obati 5 Penyakit Ini, berikut resep dan cara mengkonsumsi:

Loading...
Loading...
JawaPos.com – Biji ketumbar adalah salah satu rempah dengan aroma khas yang biasa digunakan dalam masakan kari, semur, dan berbagai macam sup. Selain itu, biji ketumbar juga punya segudang manfaat sebagai obat.

Dalam laman Natural Food Series, disebutkan bahwa nilai gizi biji ketumbar sungguh menakjubkan. Biji ketumbar mengandung enam jenis asam (termasuk vitamin C), dan jenis mineral serta vitamin yang memiliki manfaatnya sendiri untuk kesehatan.
Biji ketumbar juga bisa mengobati lima penyakit ini:
1. Obat Masalah Pencernaan
Biji ketumbar baik untuk pencernaan karena dapat meringankan gas dalam perut yang menyebabkan perut kembung. Penggunaan biji ketumbar dalam makanan sehari-hari akan meningkatkan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu menurunkan berat badan.
2. Obat Radang Sendi
Biji ketumbar bisa dikonsumsi dengan air atau teh untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak pada sendi.
3. Obat Nyeri Haid
Biji ketumbar juga dipercaya bisa mengurangi aliran menstruasi yang berat dan nyeri. Mengonsumsi biji ketumbar yang sudah direbus dapat mengatur perdarahan lebih baik.
4. Obat Diabetes
Biji ketumbar baik untuk menjaga aktivitas insulin dan menurunkan kadar glukosa dalam darah karena meningkatkan sekresi insulin di pankreas sehingga merangsang efek ketumbar pada kelenjar endokrin. Hal ini menormalkan fungsi metabolisme dan mencegah kemungkinan penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba.
5. Obat Sakit Mata
Biji ketumbar mengandung antioksidan tinggi dan sifat antibakteri yang baik untuk kesehatan mata. Mengonsumsi biji ketumbar bisa mengurangi rasa gatal, kemerahan dan peradangan pada mata.
Resep dan Cara Mengkonsumsi:
1. Smoothies
Rasa biji ketumbar sangat cocok dicampur dengan buah jeruk. Kombinasikan dengan lemon, pir dan smoothie apel, sehingga membuat minuman tersebut kaya akan antioksidan.
2. Rendam Biji Ketumbar
Rebus 3 sendok makan biji ketumbar yang direndam selama minimal 3 jam dalam segelas air hingga ukurannya mengecil. Saring airnya dan minumlah dua kali sehari.
3. Campur dengan Yogurt
Ambil bahan-bahan seperti mentimun, melon, yogurt, garam dan bubuk jintan. Aduk rata dan nikmati dengan es.
4. Rebusan Biji Ketumbar
Cukup rebus 1 sendok teh biji ketumbar yang dihancurkan dalam 1 gelas air. Rebusan akan semakin nikmat setelah ditambah madu.
5. Salep Biji Ketumbar
Ambil 1/2 sendok teh bubuk ketumbar dengan minyak kelapa. Campur dengan shea butter dan gosok pada bagian sendi sesuai kebutuhan.
Editor : Banu Adikara
Loading...

0 Response to "Biji Ketumbar Ampuh Obati 5 Penyakit Ini, berikut resep dan cara mengkonsumsi:"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel