5 Dampak Sering Telat Makan Bagi Kesehatan

Loading...
Loading...
SULSELEKSPRES.COM – Pakar kesehatan menyebut tubuh akan mengalami cukup banyak dampak kesehatan jika sering dibiasakan untuk telat makan.

Berikut adalah dampak-dampak kesehatan tersebut seperti dilansir dari DokterSehat;
1. Bisa menyebabkan datangnya maag
Telat makan akan membuat kita lebih rentan mengalami masalah asam lambung tinggi. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang terbiasa makan di jam-jam tertentu yang mempengaruhi kapan waktu asam lambung bisa diproduksi demi membantu proses pencernaan.
Jika kita tidak makan di jam-jam saat kita terbiasa makan, maka asam lambung akan lebih rentan naik hingga ke pangkal kerongkongan. Hal ini tentu akan menyebabkan sensasi tidak nyaman pada tubuh, bukan?
2. Bisa meningkatkan risiko terkena kerontokan
Meski terlihat tidak berkaitan, dalam realitanya sering telat makan bisa saja meningkatkan risiko terkena kerontokan rambuut. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi makanan dengan cukup. Kondisi ini tentu akan membuat rambut dan akarnya menjadi semakin lemah dan rapuh sehingga mudah untuk mengalami kerontokan.
3. Bisa mempengaruhi fungsi otak
Telat makan akan membuat otak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Alhasil, kita pun akan kesulitan untuk menjalankan beberapa fungsi layaknya berpikir jernih, berkonsentrasi, mendapatkan ide-ide baru, mempelajari hal-hal baru, hingga mengingat sesuatu.
Singkat kata, dengan fungsi otak semakin menurun, maka aktivitas sehari-hari juga akan menjdi semakin lambat dan tidak bisa dilakukan dengan maksimal.
4. Bisa memicu kegemukan
Siapa bilang telat makan bisa membuat berat badan turun? Dalam realitanya, sering telat makan justru akan meningkatkan risiko mengalami kenaikan berat badan atau obesitas. Fakta ini diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan para ahli dari Brigham and Women’s Hospital, Tufts University, serta University of Murcia, Spanyol.
Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa mereka yang terbiasa telat makan cenderung memiliki berat badan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang rutin makan dengan teratur. Mereka yang menjalankan program diet namun sering telat makan juga cenderung sulit untuk berhasil menjalankan programnya.
5. Bisa meningkatkan risiko terkena kanker
Pakar kesehatan Manolils Kogevinas dari Barcelona Institute for Global Health menyebut kebiasaan telat makan, khususnya makan malam di waktu yang cukup larut, tepatnya lebih dari pukul 22.00 akan meningkatkan risiko terkena kanker dengan signifikan. 6. Bisa membuat tubuh mudah sakit
Tubuh yang tidak mendapatkan nutrisi yang baik akibat sering telat makan akan mengalami penurunan daya tahan dan sistem kekebalan dengan signifikan. Hal ini tentu akan berimbas pada meningkatnya risiko mudah sakit.
Loading...

0 Response to "5 Dampak Sering Telat Makan Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel