Tak di sangka ! Inilah 17 manfaat jantung pisang yang tanpa kita duga selama ini

Loading...
Loading...
17, manfaat jantung pisang tuk kesehatan

Manfaat Jantung PisangBerdasarkan penelitian, setiap 25 gram jantung pisang mengandung :

31 kkal kalori
1,2 gram senyawa protein
0,3 gram lemak
7,1 gram zat karbohidrat
Jantung pisang juga mengandung manfaat vitamin A, vitamin B1, vitamin C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi). Kandungan yang penuh gizi tersebut, siapapun pasti akan tergiur untuk mengolah jantung pisang menjadi masakan dan makanan yang lezat.  Adapun manfaat jantung pisang antara lain:

1. Mencegah stroke – Caranya yaitu dengan menggunakan satu buah jantung pisang ambon yang direbus. Setelah itu, peras dan ambil sarinya dan selanjutnya minum sebanyak dua kali sehari untuk mencegah penyakit stroke.

2. Mencegah Kolesterol – Mampu mengikat lemak jahat dan kolesterol yang nantinya akan dikeluarkan

3. Menyehatkan Perut – Melancarkan pencernaan karena jantung pisang mengandung fiber yang tinggi.

4. Makanan penderita diabetes – Baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi. Jantung pisang yang di rebus saja ini, sangat efektif untuk turunkan kandungan gula darah.

5. Kaya serat – Mengandung serat pangan yang tinggi sebab jantung pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, protein, mineral maupun vitamin seperti betakarotin, vitamin B1.

6. Baik untuk diet – karena jantung pisang memberikan efek kenyang lebih lama, daripada manfaat nasi putih karena memiliki serat yang tinggi dan rendah

7. Melancarkan siklus darah – karena jantung pisang bersifat anti koagulan yang dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah.

8. Mencegah kanker – Mengurangi efek radikal bebas dimana radikal bebas ini bisa mengakibatkan kerusakan kinerja organ, karena sistem oksidasi mengakibatkan penuaan pada beberapa sel. Estrak metanol dalam jantung pisang mempunyai karakter seperti manfaat antioksidan, yang sangat baik untuk mencegah radikal bebas.

9. Anti penuaan – Mampu melakukan perbaikan beberapa sel, karena kandungan flavonoidny berfungsi juga sebagai anti radikal

10. Mencegah penyakit gondok – karena jantung pisang mengandung yodium

11. Menyembuhkan infeksi – karena jantung pisang memiliki kandungan etanol dan dapat menghalangi perkembangan bakteri

12. Meningkatkan produksi sel darah merah – Kandungan di dalam jantung pisang yang mengandung zat besi, sehingga akan menambah kandungan hemoglobin dalam darah.

13. Mengontrol darah saat menstruasi – Hal ini terjadi karena jantung pisang yang di rebus mempunyai kekuatan untuk mengontrol hormon progesteron sehingga akan mengontrol keluarnya darah haid.

14. Memperbaiki mood – karena jantung pisang memiliki kandungan magnesium yang dipercaya dapat mengurangi rasa kekhawatiran serta memperbaiki suasana hati.

15. Meningkatkan produktivitas ASI – Bukan hanya manfaat daun katuk yang mampu meningkatkan produktivitas air susu seorang ibu, tetapi jantung pisang dapat menjadi alternatif makanan untuk memperlancar ASI bagi ibu menyusui.

Manfaat Jantung Pisang untuk Pengobatan
16. Mengobati Malaria

Penyakit yang tergolong berbahaya ini berasal dari nyamuk, sehingga diperlukan pengobatan yang langsung mengobati virus yang dibawanya seperti manfaat daun sirsak . Cara pembuatan obat malaria dengan jantung pisang :

Ambil 1 buah jantung pisang ambon dan asam jawa terlebih dahulu
Kemudian, kupas kulit luar buah jantung pisang ambon
Timbun dalam bara api selama 30 menit
Parut atau tumbuk sampai lumat
Peras airnya dan saring
Masukkan air perasan dalam gelas, tambahkan sedikit asam
Setelah itu, minumlah air ramuan itu pagi hari sebelum sarapan. Lakukan sebanyak 1 kali dalam sehari untuk mengobati penyakit malaria.

17. Mengobati Diare

Diare adalah gangguan apencernaan yang paling sering terjadi, namun kita tidak selalu harus mengkonsumsi obat-obatan untuk mengatasinya. Manfaat jantung pisang ini dapat digunakan untuk mengobatinya, caranya :

Pertama-tama, bakar jantung pisang dalam bara api sampai dalamnya masak
setelah itu ambil yang tidak hangus
beri bumbu urap memakai kelapa muda
Kemudian, santap urap jantung pisang secukupnya
Lakukan hal ini hingga diare sembuh
Loading...

0 Response to "Tak di sangka ! Inilah 17 manfaat jantung pisang yang tanpa kita duga selama ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel