melinjo mempunyai banyak manfaat nbagi kesehatan. Baik sebagai panganan maupun sebagai obat tradisional.

Loading...
Loading...
Manfaat Melinjo untuk Kesehatan

Sebagai tanaman yang mempunyai banyak kandungan nutrisi, maka tidak heran jika melinjo mempunyai banyak manfaat nbagi kesehatan. Baik sebagai panganan maupun sebagai obat tradisional. Berikut ini akan saya paparkan apa saja manfaat melinjo bagi kesehatan.

1. Mengobati luka

Anda sedang terluka? Tenang, daun melinjo bisa mengobati luka hati karena cinta. Halah…!!!! Bukan, melainkan dapat mengobati luka seperti luka tersayat atau luka lecet pada kulit. Caranya adalah dengan menumbuk daun melinjo dan juga bawang putih. Setelah halus, tempelkan pada bagian tubuh yang luka. Biarkan hingga mengering dengan sendirinya. Ramuan tersebut dapat membuat luka menjadi cepat kering dan terhindar dari infeksi.

2. Anti-mikroba

Buah melinjo mengandung peptida yang berfungsi sebagai penghambat pada perkembangbiakan bakteri gram positif maupun negatif. Peptida ini merupakan asam amino yang terdapat pada protein dalam biji buah melinjo. Dengan kata lain potein tersebut juga bisa digunakan untuk mengaawetkan makanan secara alami.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan satu kondisi yang berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti stroke dan jantung. Daun melinjo merupakan bahan makanan alami yang kaya akan antioksidan, dimaan dapat mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Namun tidak disarankan bagi penderita darah tinggi dan asam urat mengkonsumsi buah melinjo karena kandungan purinnya tinggi.

4. Mencegah penuaan dini

Penuaan dini bisa terjadi keika tubuh seringkali terpapar oleh radikal bebas. Gejalanya bisa berupa flek-flek hitam, kerutan, kulit kering dan sebagainya. Hal ini bisa diatasi dengan rajin mengkonsumsi makanan alami yang mengandung antioksidan. Salah satunya melinjo, yang merupakan bahan makanan kaya antioksidan.

5. Mencegah anemia

Meski jumlahnya tidak terlalu banyak, namun melinjo juga mngandung zat besi yang sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah. Anemia biasanya terjadi pada wanita, terutama ibu hamil. Sedangkan untuk pria, lebih sedikit terkena resiko kekurangan sel darah merah.

6. Antioksidan pencegah kanker

Kanker ganas merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat mengancam keselamatn jiwa. Besarnya kandungan kolesterold an lemak jenuh pada makanan cepat saji meningkatkan resiko terkena kanker lebih besar. Karena itu, diharapkan masyarakat kembali mengkonsumsi makanan yang disediakan oleh alam dan memasaknya dengan cara yang benar sehingga kandungan gizi dan khasiatnya masih utuh. Melinjo merupakan makanan alami yang kaya antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kanker.

7. Mencegah penyakit jantung

Seperti yang dijelaskan di atas. Salah satu fungsi antioksidan adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Yang artinya berperan penting juga dalam pencegahan penyakit jantung. Namun tentunya harus diimbangi juga dengan gaya hidup positif yang dapat menjaga kesehatan jantung. Seperti rutin berolahraga, hindari junk-food, lemak, dsb. Tidak disarankan mengkonsumsi emping melinjo karena melewati proses penggorengan.

8. Melancarkan buang air besar

Daun melinjo memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan kulit buah dan bunganya yang sering disebut uceng. Mengkonsumsi serat dapat membantu melancarkan buang air besar.

9. Melancarkan urine (masih diragukan kebenaranya)

Dalam situs manfaat.co.id disebutkan bahwa manfaat melinjo adalah dapat membantu melancarkan buang air kecil. Caranya dengan mengkonsumsi langsung buah melinjo atau dengan uap dari rebusan kulit buah melinjo. Hal ini bertentangan dengan fakta bahwa melinjo megandung kadar purin yang tinggi yang justru dapat menyebabkan asam urat dan pembentukan batu ginjal jika terlalu berlebihan mengkonsumsinya.

10. Meningkatkan daya ingat

Seperti yang dijelaskan di awal bahwa tanaman melinjo ini secara evolusi dekat dengan tanaman Ginkgo Biloba yang terdapat di Jepang. Dimana khasiatnya sudah diakui dunia dalam meningkatkan konsentrasi, kecerdasan otak dan daya ingat. Dari kedekatan tersebut, Melinjo juga dipercaya memiliki khasiat yang sama.

11. Menjaga kesehatan mata

Manfaat melinjo yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan mata. Seperti yang diketahui dai kandungan gizi melinjo, bahwa makanan ini mengandung vitamin A yan cukup kaya. Dimana kita tahu bahwa salah satu kegunaan vitamin A yang terbesar adalah menjaga fungsi mata.

#GoldenDragon #Houseware #Plastik #Plastic #GoldenDragonHouseware #Piring #PiringPlastik #Gelas #GelasPlastik #FoodGrade #PeralatanMakan
Loading...

0 Response to "melinjo mempunyai banyak manfaat nbagi kesehatan. Baik sebagai panganan maupun sebagai obat tradisional. "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel