MANFAAT_BUAH_NAGA UNTUK_IBU_HAMIL_DAN_JANIN

Loading...
Loading...
#MANFAAT_BUAH_NAGA
           #UNTUK_IBU_HAMIL_DAN_JANIN

Manfaat buah naga untuk ibu hamil tidak diketahui oleh masyarakat terutama bagi ibu hamil itu sendiri.

Buah naga mudah dijumpai baik di toko buah maupun di supermarket. Bentuk buah naga yang unik sering dikaitkan dengan hoki atau keberuntungan oleh orang Cina. Buah naga ini bentuknya sama, memiliki kulit buah berwarna merah dan memiliki kulit yang berlapis-lapis seperti kulit naga.

Jangan terkecoh dengan bentuk luar yang sama. Jika kita belah, ternyata daging buah naga beraneka ragam tidak hanya satu macam saja. Berbeda dengan buah lainnya yang memiliki bentuk luar sama dan daging dalam yang sama.

Buah naga memiliki warna daging yang berbeda-beda dan dengan tingkat kemanisan yang berbeda pula. Ada naga merah, naga hitam, naga putih dan juga naga kuning. Buah naga bukanlah asli dari negara Indonesia, buah naga asalnya dari Amerika Tengah dan juga Amerika Selatan. Pelopor buah naga di negara Asia adalah negara Cina dan buah ini dianggap sebagai buah yang hoki.

Masyarakat Cina banyak menggunakan buah naga pada acara-acara keagamaan. Berikut ini adalah manfaat buah naga yang perlu diketahui :

1. MEMBENTUK SEL DARAH MERAH

Bagi ibu yang mengalami anemia selama hamil ada baiknya mengkonsumsi buah naga. Bisa di jus atau dikonsumsi secara langsung. Dalam buah naga terdapat kandungan zat besi sebanyak 0,65 miligram per 100 gramnya. Zat besi dalam buah naga bisa digunakan untuk pembentukan sel darah merah, sehingga bisa mengurangi resiko anemia pada ibu hamil.

Saat hamil, sel darah merah ibu terbagi menjadi dua yaitu untuk ibu hamil itu sendiri dan juga untuk janin yang ada di dalam kandungannya. Oleh sebab itulah ibu hamil rentan terkena anemia. Anemia tidak boleh disepelekan oleh ibu hamil, anemia ini bisa membuat ibu hamil lemas, lesu dan tidak bertenaga.

Tidak hanya ibu hamil saja yang merasakan dampaknya, namun janin dalam kandungan pun bisa merasakan dampaknya. Janin yang terkena anemia rentan mengalami kelainan darah, kecerdasan berkurang dan masih banyak lagi lainnya.

Fungsi zat besi juga digunakan untuk memasok nutrisi dan oksigen ke dalam tubuh janin.

2. SUMBER ENERGI

Ibu hamil yang merasa kurang berenergi bisa mengonsumsi buah naga. Dalam 100 gram buah naga yang dikonsumsi ibu hamil, mengandung karbohidrat sebanyak 9-14 gram per harinya.

Saat hamil, wanita dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat sebanyak 135 gram selama sehari.

3. Membantu Petumbuhan dan Perkembangan Janin

Buah naga juga memiliki kandungan folat yang diperlukan selama kehamilan. Folat bisa digunakan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Saat berada dalam kandungan, janin perlu tumbuh dan berkembang. Jika janin tidak bisa tumbuh dan berkembang, janin tersebut rentan keguguran dan juga rentan cacat. Janin yang kekurangan folat bisa menderita cacat tabung di bagian syaraf dan juga cacat syaraf.

4. Menghindari BAB

Kandungan serat dalam buah naga bisa digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan ibu hamil. Ibu hamil rentan terkena masalah BAB. BAB merupakan masalah yang umum saat hamil. Agar lancar BAB, ibu hamil bisa mengkonsumsi buah naga minimal 100 gram setiap harinya. Selain melancarkan BAB, serat juga bermanfaat untuk menyehatkan usus.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Saat hamil, ibu memerlukan kandungan vitamin C yang cukup untuk melindungi dirinya dari berbagai macam penyakit seperti batuk, flu dan berbagai penyakit lainnya. Jika sistem imun tubuh melemah, maka sistem imun janin pun juga lemah. Saat berada dalam kandungan, bayi membutuhkan sistem imun dari ibunya untuk menghindar dari berbagai macam kuman dan bakteri yang ada dalam rahim.

6. Membentuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Dalam buah naga terdapat kandungan kalsium yang baik digunakan untuk pembentukan tulang dan gigi janin. Tulang dan gigi janin perlu diperhatikan perkembangannya, sebab tanpa tulang dan gigi, bayi nantinya tidak bisa bergerak normal seperti bayi pada umumnya.

7. Menangkal Penyakit

Kandungan dalam buah naga seperti protein, zat besi dan juga kandungan potasium bermanfaat untuk menangkal berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil.

8. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antikoksidan yang tinggi dalam buah naga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang sangat berbahaya bagi ibu hamil. Radikal bebas bisa berpengaruh buruk terhadap janin, karena bisa menyebabkan bayi cacat dan lahir secara prematur. Radikal bebas bisa berasal dari polusi udara yang ada di sekitar ibu hamil.

9. Melawan Penyakit

Jika ibu hamil sedang terkena penyakit ringan seperti demam, batuk dan pilek, ibu hamil bisa mengonsumsi buah naga. Sebab dalam buah naga terdapat kandungan fitokimia yang bermanfaat untuk melawan penyakit.

10. Menyerap Protein

Protein sangat diperlukan ibu hamil, sebab protein bisa digunakan sebagai zat pembangun bagi janin. Sayangnya tak semua protein bisa terserap lansgung oleh janin. Kandungan vitamin B1 yang ada dalam buah naga bisa bermanfaat untuk mempercepat penyerapan protein dalam tubuh.

11. Menyempurnakan Indera Penglihatan Janin

Selama dalam kandungan, indera janin akan terus berkembang dan tumbuh mencapai kesempurnaan. Kandungan karoten dalam buah naga, terutama buah naga merah bisa digunakan untuk menyempurnakan indera penglihatan janin.

12. Mencukupi Gizi Selama Kehamilan

Saat hamil, ibu tak boleh kekurangan nutrisi atau kekurangan gizi. Karenakan jika kekurangan gizi, janin dalam kandungan rentan terkena berbagai macam penyakit. Janin yang kekurangan gizi rentan dilahirkan dalam kondisi mal nutrisi dan juga memiliki berat badan rendah. Protein, kalium, fitokimia dan juga vitamin C yang ada di dalam buah naga merupakan zat gizi atau nutrisi yang kompleks bagi ibu dan janin. Dengan mengonsumsi buah naga, tandanya ibu sedang memenuhi berbagai macam nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan selama kehamilan.

13. Menghilangkan Dehidrasi

Saat hamil, ibu hamil akan rentan untuk terkena dehidrasi, dehidrasi sangat membahayakan bagi ibu hamil. Jika dehidrasi, ibu hamil akan merasa lesu dan juga kurang bertenaga. Kandungan air dalam buah naga bisa digunakan untuk menghilangkan dehidrasi selama kehamilan, selain itu buah naga bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan cairan selama kehamilan.

14. MENGHINDARI DARI PENYAKIT TULANG

Membawa beban perut yang semakin berat membuat ibu hamil rentan terkena penyakit tulang seperti oesteoporosis, yang sangat berbahaya jika tidak segera diatasi.

Alasannya adalah osteoporosis bisa membuat kualitas hidup seseorang menurun. Mengkonsumsi buah naga yang kaya kalsium bisa menghindarkan ibu hamil dari penyakit tulang.

15. MENCEGAH KELAHIRAN PREMATUR

Kandungan folat ada pada buah naga bisa digunakan untuk mencegah kelahiran prematur.

Bayi yang dilahirkan secara prematur bisa dikarenakan kurangnya jumlah folat yang dikonsumsi saat hamil.

16. MENYEIMBANG METABOLISME SEL

Kandungan vitamin B1 yang ada di dalam buah naga bisa digunakan sebagai penyeimbang metabolisme sel, untuk menyeimbangkan kesehatan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

17. MENGEMBANGKAN SISTEM
      SYARAF TULANG BELAKANG

Kandungan folat yang dalam buah naga bermanfaat untuk membentuk sistem syaraf tulang belakang janin.

Sistem syaraf harus berkembang sesuai dengan umur janin, jika tidak bisa berkembang, janin rentan terkena kelainan syaraf tulang belakang dan cacat syaraf tulang belakang.

18. MENGHINDARI PENYAKIT BERI-BERI

Kandungan vitamin B1 dalam buah naga bisa digunakan untuk menghindari dan mencegah penyakit beri-beri selama kehamilan. Penyakit beri-beri tersebut bisa muncul kapan saja saat ibu sedang hamil.

19. MENORMALKAN TEKANAN DARAH

Ibu hamil yang mengalami hipertensi bisa mengonsumsi buah naga karena kandungan vitamin B dalam buah naga bisa digunakan untuk menormalkan tekanan darah.

Jika ibu hamil mengalami hipertensi, efeknya sangat rentan untuk terkena komplikasi kehamilan. Agar tekanan darah normal, konsumsi buah naga 100 gram per hari.

20. MENORMALKAN GULA DARAH

Saat hamil bukan berarti ibu hamil terhindar dari kadar gula yang tinggi, justru saat hamil terutama hamil tua bisa menyebabkan ibu hamil lupa mengontrol makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Kurangnya kontrol terhadap makanan dan minuman yang manis bisa meningkatkan kadar gula darah ibu hamil.

Mengonsumsi buah naga minimal 100 gram per hari bisa menormalkan kadar gula darah ibu hamil. Jika gula darah ibu hamil tinggi, ibu hamil rentan terkena komplikasi kehamilan bahkan bisa terkena diabetes.

Silahkan di Like and Share !!!

      Copas dari : Elumor
      Oleh : Yuri Riantara - 20082018
Loading...

0 Response to "MANFAAT_BUAH_NAGA UNTUK_IBU_HAMIL_DAN_JANIN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel