Khasiat Obat dari tanaman Beluntas

Loading...
Loading...
BELUNTAS TANAMAN PAGAR DENGAN KHASIAT HEBAT

Beluntas merupakan tumbuhan semak atau setengah semak dari famili Compositae. Tumbuhan liar ini dapat hidup di sembarang tempat kecuali tempat berair. Beluntas dulu sering ditanam di pekarangan rumah sebagai pagar, kadang juga sebagai pembatas petak kebun atau sawah. Orang-orang tua jaman dahulu sering memetik daun beluntas dan digunakan untuk jamu dan disayur. Mereka menyakini bahwa Beluntas bisa menghilangkan bau badan.

Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui diantaranya adalah, alkaloid dan minyak atsiri. Beluntas bersifat getir rasanya dengan ciri khas yang bau sengir. Daun berfungsi menambah nafsu makan stomakik, dan membantu pencernaan. Secara tradisional sejak dahulu daun beluntas dipakai sebagai obat untuk menghilangkan bau badan, sebagai obat penurun panas, mengobati batuk, dan juga diare. Daun beluntas yang sudah direbus akan manjur dalam mengobati sakit kulit. Selain itu daun beluntas biasanya dikonsumsi masyarakat sebagai bagian dari lalapan.

Khasiat Obat dari tanaman Beluntas

1. Gangguan Pencernaan Pada Anak

Daun dicuci bersih, lalu ditumbuk sampai halus kemudian dicampuran dengan bubur saring atau dimasak dalam nasitim.

2. TBC Kelenjar Leher

Ekstrak batang dan daun beluntas, ekstrak gelatin dari kulit sapi, rumput laut. Bahan-bahan ini ditim hingga lunak lalu dimakan.

3. Rematik

15 gr akar beluntas dicuci bersih, kemudian direbus lalu minum airnya.

4. Menghilangkan Bau Badan

Makan sebagai lalapan.

5. Sakit Pinggang

Rebus daun beluntas dengan air secukupnya, kemudian minumlah air rebusan dari daun beluntas tersebut. Sehingga anda akan merasakan khasiatnya untuk mengatasi nyeri pinggang.

Copas pahamilah.com
Semoga bermanfaat
Loading...

0 Response to "Khasiat Obat dari tanaman Beluntas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel